Thursday 4 April 2013

PERKEMBANGAN MICROPROSESOR PADA TAHUN 70-AN




Perangkat Keras adalah  semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak  (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Perangkat keras terdiri dari
·         Prosesor
·         Motherboard
·         Printer
·         Monitor
·         Mouse
·         RAM
·         Keyboard
·         Dll
Dari tahun ke tahun perangkat keras komputer mengalami perkembangan. Perkembangan sebagian perangkat keras adalah sebagai berikut:
1. Prosesor
Pertama kali, istilah prosesor diperkenalkan di tahun 70-an. Hal tersebut sangat berdampak pada implementasi CPU (Central Processing Unit) yang dipakai pada setiap PC yang beredar saat ini. Penggunaan prosesor pada PC sebagai pusat pemrosesan data membuat perangkat tersebut dikenal dengan istilah CPU.
Setelah IBM memproduksi prosesor untuk PC, intel tak mau kalah dan berusaha membuat prosesor untuk komputer yang kompatibel dengan PC IBM pertama yang mengusung prosesor Intel 80286 dan 80386.
Pada tahun 1986, beberapa jenis prosesor Intel yang kompatibel dengan clone PC IBM bermunculan dan mendominasi pasar. Hingga saat ini, Intel mengeluarkan standar Microprosesor MMX (MultiMedia Extention). SSE (Streaming SIMD Extention), SSE2, SSE3, SSSE3 dan SSE4 untuk perangkat-perangkat prosesornya.
AMD, kompetitor tunggal Intel tak mau ketinggalan. Untuk melawan Intel, pebisnis prosesor ini mengeluarkan seri k-5 nya. Huruf “K” pada prosesor AMD tersebut diambil dari kata “Kryptonite”, batu meteor yang bisa bikin lemah manusia superman. Seri K5 sengaja dilempar ke pasaran untuk 4AMD bisa mengimbangi keandalan Intel melalui rilis seri Athlon miliknya, atau disebut juga K7.
Standar mikroprosesor yang dikeluarkan oleh AMD adalah 3DNow! dan 3Dnow!+. Kedua standar tersebut dibuat untuk menyaingi standar dari Intel, yaitu standar MMX sampai SSE3. Standar AMD 3Dnow! digunakan oleh beberapa pengembang game, namun idSoftware menggunakan standar ini untuk Quake II-nya. Sampai hari ini, Intel dan AMD memegang pangsa pasar terbesar untuk prosesor, dan masing-masing sudah menggunakan standar sistem 64-bit untuk produk-produk mereka yang akan datang.
Intel 4004:

·         Processor 4 bit ini yang direncanakan untuk menjadi otak calculator , pada tahun yang sama (1971), intel membuat revisi ke 4004. Awalnya dipesan oleh sebuah perusahaan Jepang untuk pembuatan kalkulator , ternyata prosesor ini jauh lebih hebat dari yang diharapkan sehingga Intel membeli hak guna dari perusahaan Jepang tersebut untuk perkembangan dan penelitian lebih lanjut. Di sinilah cikal bakal untuk perkembangan ke arah prosesor komputer.
·         Spesifikasi : Maximum clock speed adalah 740 kHz
·         Alamat 12-bit
·         instruksi 8-bit, tidak ditaruh di memori yang sama dengan
·         data word 4-bit
·         Set instruksi yang terdiri dari 46 instruksi (di mana 41 diantaranya memiliki lebar 8 bit dan 5 lebar 16 bit)
·         Set register terdiri dari 16 register masing-masing 4 bit
·         tumpukan subroutine internal memiliki kedalaman 3 tingkat



Intel i8008

·         Berikutnya muncul processor 8 bit pertama i8008 (1972), tapi agak kurang disukai karena multivoltage, disini ada perubahan yaitu jadi triple voltage,menggunakan teknologi NMOS (tidak PMOS lagi
·         Mengenalkan pertama kali sistem clock generator (menggunakan chip tambahan)
·         Dikemas dalam bentuk DIP Array 40 pins.
·         Prosesor i8080 adalah prosesor dengan register internal 8-bit
·         Bus eksternal 8-bit,
·         Memori addressing 20-bit (dapat mengakses 1 MB memori total), dan modus operasi REAL.
Intel 8080 :

·         Intel 8080 adalah mikroprosesor  awal yang dirancang dan diproduksi oleh Intel
·         CPU-8bit
·         Dirilis pada April 1974 dan berjalan pada 2 MHz,
·         Dianggap menjadi rancangan prosesor mikro (microprocessor) pertama yang benar-benar dapat digunakan (bermanfaat).


Intel 8085 :

·         Muncul 1977
·         Menggunakan clock generator onprocessor, cikal bakalnya penggunaan single voltage +5V (implementasi s/d 486DX2, pd DX4 mulai +3.3V dst).
Intel 8088 :

·         Untuk menjawab tuntutan pasar muncul i8088 16bit bus internal, 8bit bus external.
·         i80 88  memakai komponen peripheral 8bit bekas i8008.
·         Lebih murah daripada i8088.
·         Chip i8088 ini sangat populer, sampai NEC meluncurkan sebuah chip yang dibangun berdasarkan spesifikasi pin chip ini, yang diberi nama V20 dan V30. NEC V20 dan V30 adalah processor yang compatible dengan intel sampai level bahasa assembly (software).
·         Chip 8088 dan 8086 kompatibel penuh dengan program yang dibuat untuk chip 8080, walaupun mungkin ada beberapa program yang dibuat untuk 8086 tidak berfungsi pada chip 8088 (perbedaan lebar bus)

No comments:

Post a Comment